Kelas 5 Belajar Mengenal Pola Lantai dalam Sebuah Tari Bali

 




Tari Bali adalah tarian yang beragam berasal dari pulau Bali. Tari asli Bali mempunyai ciri khas dan karakteristik  tersendiri jika dibanding tarian daerah lainnya. Biasanya memiliki ikatan dengan keagamaan serta unsur – unsur sakral. Tujuan utama tari Bali adalah untuk menarik tiap tahap gerakan  dan rangkaian dengan ekspresi penuh.Sudah menjadi rahasia umum jika pulau Bali merupakan salah satu pulau yang paling kuat daya tariknya. Tarian yang mereka tampilkan sebagian besar meniru  gerak gerik alam sekitar.Selain sebagai hiburan,beberapa tarian Bali memiliki makna religius walaupun sudah beberapa yang dimodifikasi sesuai dengan acara yang sedang dilaksanakan.

Pada hari ini (7/4/2022) kls 5 SD N 3 Banjar Anyar mencoba menerapkan pola lantai (horisontal,vertikal,dan melingkar) pada tari condong dan pusparesti.


TARI CONDONG

Pola lantai penting ada disebuah tarian agar pertunjukan tari semakin menarik dan membuat suatu tarian kelihatan dinamis. Pola lantai dalam suatu tarian ditentukan oleh jumlah penari, tempat dan juga waktu yang menentukan.suatu kebetulan hari ini ada pelajaran SBDP tentang pola lantai. .Anak – anak kelas 5 diajak untuk mengkolaborasikan pola lantai pada tari condong dan tari puspareti dengan pola lantai horisontal,vertikal dan melingkar.Anak – anak sangat senang  mengikuti pelajaran pada hari ini.

Setelah menyimak penjelasan tentang  pola tari  ,siswa diajak mempraktekkan langsung tari condong dengan pola tari vertikal,horisontal dan melingkar. Selain tari condong siswa juga mempraktekkan dalam tari pusparesti.



Berikut adalah kegiatan siswa dalam praktek pola tari dalam  tari condong  yang berpola vertikal, horisontal dan melingkar.

Pola Lantai Vertikal

Pola Lantai Melingkar

  Pola Lantai Horizontal


Penulis: Dra. Ni Made Nurmiati
Editor: Karseno, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi