Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas 2 Materi Pengenalan Mata Uang
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 12 oktober 2022. Jumlah siswa yang saya ajarkan sebanyak 13 orang. Mereka sangat antusias dalam melaksanakan pembelajaran. Kegiatan diawali dengan salam, sapa, doa dan apersepsi. Tidak lupa saya mengabsen kehadiran siswa saya.
Diferensiasi yang saya lakukanpada saat kegiatan ini yaitu mendiferensiasikan konten siswa yang berkemampuan rendah sampai sedang saya menjelaskan dengan menggunakan benda konkrit yaitu uang logam dan uang kertas asli dan media berupa gambar. Sedangkan siswa yang berkemapuan tinggi saya menjelaskan dan memberikan teks. Saya juga menggunakan video pembelajaran atau media audio visual. Tujuan memberikan video pembelajaran adalah untuk memotivasi siswa supaya lebih semangat belajar. Tidak lupa saya juga melakukan ice breaking untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran.
Diferensiasi proses terjadi pada saat mengerjakan LKPD, mereka saya kelompokkan dan mengerjakan LKPD sesuai dengan kemampuan masing-masing. Soal-soal pada LKPD saya buat berbeda tingkat kesulitannya. Yang berkemampuan rendah sampai sedang hanya pada tingkat menyebutkan dan menuliskan nilai mata uang dan mencocokkan harga benda dengan gambar uang yang senilai. Sedangkan yang berkemampuan tinggi soal yang saya buat memerlukan analisis dan kemampuan berfikir tingkat tinggi.
Akhir dari pembelajaran saya berikan evaluasi, soal dan lembar evaluasi saya diferensiasikan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Kegiatan diakhiri dengan doa .bersama.
Diferensiasi yang dilakukan:
Konten : video, teks, benda konkrit
Proses : tugas kelompok
Produk : hasil berupa teks
Kendala dan solusi:
Kendala pada saat mengajar ada beberapa
siswa yang asik mengobrol di belakang, solusi saya tegur dan memberi beberapa
pertanyaan untuk anak yang menobrol tadi sebagai syok terapi agar nanti dia
tidak menulang hal itu lagi. Karena takut tidak bisa menjawab pertanyaan dari
guru.
Komentar/tanggapan:
Menurut saya pembelajaran berdiferensiasi sangat bagus, dengan pembelajaran ini saya bisa memenuhi kebutuhan belajar tiap siswa. Saya meyakini siswa mempunyai bakat dan potensi yang berbeda-beda. Minat mereka juga berbeda-beda, dari sana kita bisa memaksimalkan apa yang menjadi bakat dan minat mereka dengan memberi fasilitas sesuai yang dibutuhkan tiap siswa.
Dokumentasi video:
Penulis: Ni Luh Made Kusuma Rani,S.T
Editor: Karseno, S.Pd., M.Pd
Komentar
Posting Komentar