Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas I Materi Pengukuran Waktu

Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Oktober 2022. Dengan jumlah siswa kelas I 10 orang, yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Kegiatan diawali dengan salam, doa, absensi dan apersepsi. Seperti biasa sebelum pembelajaran dimulai semua peserta didik dan guru menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Wajib lainnya.Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan rasa nasionalisme. Pada awal pembelajaran saya juga menyampaikan tujuan pembelajaran.


Pembelajaran berdiferensiasi saya lakukan saat kegiatan inti. Sebelum kegiatan pembelajaran, saya memetakan kemampuan peserta didik berdasarkan kebutuhan belajar siswa. Selanjutnya pada pemetaan ini saya mengelompokkan menjadi 3 kelompok, dimana kelompok I peserta didik yang sudah bisa membaca dan menulis secara mandiri, Kelompok  II peserta didik yang sudah bisa membaca dan  masih perlu bimbingan dalam menulis. Kelompok III yaitu peserta didik yang masih perlu bimbingan yang khusus dalam membaca dan menulis.

Pada pembelajaran berdiferensiasi saya tidak membentuk kelompok saat pembelajran,namun saya membentuk kelompok sebelum pembelajaran dimulai.Peserta didik kelas I cendrung mempunyai mempunyai kemampuan untuk mendengar dan melihat (Audi-Visual) dan beberapa orang mempunyai kemampuan kinestetik.Maka dari itulah saya menggunakan Metode  Pembelajaran Matematika Realistik dengan menggunakan media benda-benda yang ada disekitar (Konkret) yang ditunjang dengan media lainnya yaitu PPT,dan vidio pembelajaran.Dengan adanya penggunaan media yang bervariatif saya harapkan peserta didik termotivasi , semangat  dan mampu memahami materi dengan baik.



Pada kegiatan inti yaitu dalam mengordinasikan peserta didik saya memberikan tugas pada masing-masing individu namun dikerjakan secara kelompok.Kemudian saya membahas jawaban peserta didik secara bersama-sam dan memberikan penguatan materi.Pada akhir kegiatan saya memberikan Penilain (Asasemen) berupa lembar Evaluasi Peserta Didik.


DIFERENSIASI  YANG DILAKUKAN

KONTEN : Vidio, PPT, Teks, lagu, Benda-benda Konkret

PROSES   : Tugas mandiri,Tugas Kelompok

PRODUK :  Gambar, Teks


KENDALA DAN SOLUSI

Kendala  : Ada beberapa siswa yang main sendiri dan kurang konsentrasi dalam mengikuti  pembelajaran.

Solusi   : Mendekati siswa kemudian menasehati,diajak tanya jawab,dan menjadikan dia sebagai contoh.


KOMENTAR /TANGGAPAN TERAKAIT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Menurut saya pembelajaran ini sangat bagus. Dengan pembelajaran berdiferensiasi saya mengetahui tentang apa yang menjadi kebutuhan peserta didik baik dalam kesiapan belajar peserta didik,minat dan juga profil dari masing-masing.Saya meyakini bahwa peserta didik mempunyai kompetensi,kelebihan dan keunikan masing-masing.Untuk itu saya ingin meningkatkan kualitas saya mengajar,sehingga mampu berinovasi,serta menciptakan suasana pembelajaran yang menarik,dan  bervariatif.



Penulis: Ni Luh Gede Satyawati, S. Pd.SD

Editor: Karseno, S.Pd., M.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi