Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas I Materi Pengukuran Waktu
Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Oktober 2022. Dengan jumlah siswa kelas I 10 orang, yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Kegiatan diawali dengan salam, doa, absensi dan apersepsi. Seperti biasa sebelum pembelajaran dimulai semua peserta didik dan guru menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Wajib lainnya.Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan rasa nasionalisme. Pada awal pembelajaran saya juga menyampaikan tujuan pembelajaran.
Pada pembelajaran berdiferensiasi saya tidak membentuk kelompok saat pembelajran,namun saya membentuk kelompok sebelum pembelajaran dimulai.Peserta didik kelas I cendrung mempunyai mempunyai kemampuan untuk mendengar dan melihat (Audi-Visual) dan beberapa orang mempunyai kemampuan kinestetik.Maka dari itulah saya menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Realistik dengan menggunakan media benda-benda yang ada disekitar (Konkret) yang ditunjang dengan media lainnya yaitu PPT,dan vidio pembelajaran.Dengan adanya penggunaan media yang bervariatif saya harapkan peserta didik termotivasi , semangat dan mampu memahami materi dengan baik.
Pada
kegiatan inti yaitu dalam mengordinasikan peserta didik saya memberikan tugas
pada masing-masing individu namun dikerjakan secara kelompok.Kemudian saya
membahas jawaban peserta didik secara bersama-sam dan memberikan penguatan
materi.Pada akhir kegiatan saya memberikan Penilain (Asasemen) berupa lembar
Evaluasi Peserta Didik.
DIFERENSIASI YANG DILAKUKAN
KONTEN
: Vidio, PPT, Teks, lagu, Benda-benda Konkret
PROSES : Tugas mandiri,Tugas Kelompok
PRODUK
: Gambar, Teks
KENDALA DAN SOLUSI
Kendala : Ada beberapa siswa yang main sendiri dan kurang konsentrasi dalam
mengikuti pembelajaran.
Solusi : Mendekati siswa kemudian menasehati,diajak
tanya jawab,dan menjadikan dia sebagai contoh.
KOMENTAR /TANGGAPAN TERAKAIT
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Menurut saya pembelajaran ini sangat bagus. Dengan pembelajaran berdiferensiasi saya mengetahui tentang apa yang menjadi kebutuhan peserta didik baik dalam kesiapan belajar peserta didik,minat dan juga profil dari masing-masing.Saya meyakini bahwa peserta didik mempunyai kompetensi,kelebihan dan keunikan masing-masing.Untuk itu saya ingin meningkatkan kualitas saya mengajar,sehingga mampu berinovasi,serta menciptakan suasana pembelajaran yang menarik,dan bervariatif.
Komentar
Posting Komentar