Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di kelas IV Materi Norma dan Aturan dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Oktober 2022. Jumlah siswa kelas IV yang saya ajar sebanyak 8 orang. Kegiatan tersebut diawali dengan mengucap salam, absensi, doa, menyanyikan lagu wajib nasional Satu Nusa Satu Bangsa, tepuk PPK, salam PPK, tepuk semangat dan tepuk SD Negeri 3 Banjar Anyar. Kegiatan dilanjutkan dengan literasi yang berkaitan dengan materi. Kemudian apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.


Pada kegiatan inti saya melakukan diferensiasi konten yaitu berupa powerpoint, video pembelajaran, teks dan lagu. Saat pembelajaran berlangsung saya memaparkan materi melalui powerpoint, membagikan teks materi untuk siswa yang senang membaca dan memutar lagu yang berkaitan dengan materi untuk siswa yang tidak bisa membaca agar lebih memahami materi yang saya sampaikan. Setelah itu saya memutar video pembelajaran tentang contoh kasus siswa yang melanggar norma kesopanan. Dalam pembelajaran tersebut siswa mengikuti dengan serius. Apalagi setelah menonton video kasus pelanggaran norma kesopanan mereka bisa merefleksi diri masing-masing.


 Kegiatan dilanjutkan membagi kelas menjadi tiga kelompok sesuai dengan pemetaan kebutuhan belajar siswa yaitu kelompok rendah, sedang dan tinggi. Pada saat memberi tugas saya melakukan diferensiasi proses yaitu memberi tugas yang berbeda sesuai kemampuan siswa pada masing-masing kelompok. Siswa yang kemampuan rendah saya berikan beberapa pertanyaan secara lisan. Untuk siswa yang berkemampuan sedang dan tinggi saya berikan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dengan lembar kertas berwarna beda dan tugas yang berbeda. Kemudian siswa mendiskusikan tugas tersebut bersama kelompoknya. Setelah selesai mengerjakan LKPD masing-masing kelompok mempresentasikan tugasnya di depan kelas. Selanjutnya saya memberikan pembahasan dan penguatan materi.


Di akhir pembelajaran saya menugaskan siswa secara mandiri untuk menyimpulkan materi yang telah di pelajari dengan cara siswa menulis di kertas kemudian menempelnya di papan tulis. Ini bertujuan agar siswa mengingat kembali materi yang telah dipelajari. Setelah itu siswa menjawab soal-soal evaluasi. Siswa yang berkemampuan rendah saya berikan pertanyaan secara lisan, yang berkemampuan sedang dan tinggi saya berikan evaluasi berupa teks soal. Hasil evaluasi siswa sangat baik. Pembelajaran berdiferensiasi di tutup dengan doa, salam dan lagu pelajar pancasila.

Diferensiasi yang dilakukan :

a. Konten : PowerPoint, Video Pembelajaran, Teks dan Lagu.

b. Proses : Tugas Mandiri dan Tugas Kelompok.

c. Produk : Presentasi, Teks / Hasil LKPD dan Evaluasi.

Kendala dan Solusi :

 Kendala : Ada beberapa siswa yang tidak bisa membaca dan menulis.

 Solusi : Memaparkan materi dengan memutar lagu dan video pembelajaran.

Komentar atau Tanggapan Terkait Pembelajaran Berdierensiasi :

Setelah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV, menurut saya pembelajaran berdiferensiasi sangat tepat diterapkan di kelas IV dimana siswa dengan berkebutuhan khusus yang memiliki karakter pembelajaran yang sedikit berbeda dengan siswa lainnya. Dengan pembelajaran ini saya bisa memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa.


Penulis: Diah Karma Kosalam, S.Pd

Editor: Karseno, S.Pd., M.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi