Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VI Materi Keliling Lingkaran

Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis, 13 Oktober 2022. Jumlah siswa yang saya ajar sebanyak  10 orang. Kegiatan ini diawali dengan salam,  sapa,  doa dan apersepsi.Dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa.  

Diferensiasi saya lakukan saat kegiatan  yaitu mendiferensiasikan konten. Siswa yang berkemampuan rendah saya berikan benda konkret seperti  uang logam, jam dinding yang berbentuk lingkaran dan media gambar lingkaran. Sedangkan siswa yang berkemampuan tinggi saya berikan teks. Diferensiasi proses terjadi saat mengerjakan LKPD. Siswa yang berkemampuan rendah secara kelompok mengerjakan LKPD khusus. Demikian pula sebaliknya, untuk siswa yang berkemampuan tinggi soal dalam LKPD saya buat dengan tingkat kesulitan yang berbeda.



Akhir dari pembelajaran saya berikan evaluasi. Soal dalam lembar evaluasi saya diferensiasikan juga sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.


Diferensiasi yang dilakukan   :

Konten                                    : teks, benda konkrit, gambar.

Proses                                      : tugas mandiri dan tugas kelompok

Kendala dan solusi

Kendala           : Ada  beberapa  siswa yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung

Solusi              : Diberikan nasehat dan teguran

Komentar / tanggapan tekait pembelajaran berdiferensiasi

Menurut saya pembelajaran berdiferensiasi sangat bagus. Dengan pembelajaran berdiferensiasi saya bisa memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa. Saya meyakini siswa mempunyai keunikan masing-masing.  Mereka mempunyai  kemampuan/potensi, bakat, minat  yang berbeda. Oleh sebab itu mereka membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. Untuk selanjutnya saya akan berusaha mengimplentasikan pembelajaran berdiferensiasi.




Penulis: Ni Dewa Ayu Ketut Suastiniwati, S.Pd.

Editor: Karseno, S.Pd., M.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi