Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di kelas IV Agama Hindu Materi Subha Asubha Karma
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat, 14 Oktober 2022 dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang. Didalam kegiatan tersebut sebagai kegiatan awal adalah : Mengucapkan salam, doa sebelum pelajaran berlangsung, absensi, menyanyikan lagu wajib nasional, literasi, apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
Pada
kegiatan inti dimana proses pembelajaran sedang berlangsung saya menampilkan
materi dengan menggunakan media powerpoint, video Pembelajaran, dan teks cerita
singkat yang berkaitan dengan materi Subha asubha Karma. Siswa sangat antusias
dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Video Pembelajaran ditampilkan
dengan tujuan agar siswa yang memiliki minat tentang audio visual dapat
memahami isi materi yang saya jelaskan.
Setelah
menampilkan sebuah video cerita singkat tentang Subha Asubha Karma, saya
meminta siswa untuk menganalisis isi dari cerita tersebut sebagai Lembar Kerja
Peserta Didik ( LKPD ) dengan tujuan mengaktifkan peserta didik dalam proses
pembelajaran, membantu mengembangkan konsep,melatih menemukan dan mengembangkan
keterampilan proses,sebagai pedoman bagi pendidik dan peserta didik dalam
melaksanakan proses pembelajaran. Siswa yang berkemampuan tinggi mendiskusikan
dengan kelompoknya, menulis dan mempresentasikan isi cerita tersebut sedangkan
yang berkemampuan rendah saya berikan pertanyaan secara lisan terkait cerita
tersebut.
Difrensiasi yang dilakukan :
a.
Konten
; Video pembelajaran, Video
cerita,teks lagu,Ice Breaking
b.
Proses : Tugas kelompok, Presentasi dan
Tugas mandiri
c. Produk : Gambar, Teks, Video Pembelajaran
Kendala dan solusi
Kendala :
1. Keterbatasan waktu
dalam mengerjakan evalusi
2. Beberapa siswa ada yang tidak bisa membaca
dan menulis
Solusinya :
1. Meminta ijin kepada guru kelas untuk memberikan waktu kepada siswa untuk melanjutka menjawab soal evaluasi.
2. Menayangkan video Pembelajaran,memberikan teks lisan dan memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang kurang bisa menulis dan membaca.
Komentar / Tanggapan terkait Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar,serta dapat mengembangkan proses pembelajaran sehingga kemampuan siswa yang beragam bisa belajar secara efektif. Dan saya sebagai guru merasa berhasil dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
Penulis: Ni Putu Yeni Trisna Dewi, S.Ag.
Editor: Karseno, S.Pd., M.Pd.
Komentar
Posting Komentar