Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di kelas IV Agama Hindu Materi Subha Asubha Karma

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat, 14 Oktober 2022 dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang. Didalam kegiatan tersebut sebagai kegiatan awal adalah :  Mengucapkan salam, doa sebelum pelajaran berlangsung, absensi, menyanyikan lagu wajib nasional, literasi, apersepsi  dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

       Selanjutnya Diferensiasi saya lakukan saat kegiatan inti yaitu mendiferensiasikan konten. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok sesuai pemetaan kebutuhan siswa. Siswa yang berkemampuan rendah saya berikan media berupa gambar yang  ditempel pada sebuah kertas manila dan dikelompokan sesuai dengan materi Subha dan Asubha Karma. Sedangkan siswa yang berkempuan tinggi saya berikan teks.


            Pada kegiatan inti dimana proses pembelajaran sedang berlangsung saya menampilkan materi dengan menggunakan media powerpoint, video Pembelajaran, dan teks cerita singkat yang berkaitan dengan materi Subha asubha Karma. Siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Video Pembelajaran ditampilkan dengan tujuan agar siswa yang memiliki minat tentang audio visual dapat memahami isi materi yang saya jelaskan.


            Setelah menampilkan sebuah video cerita singkat tentang Subha Asubha Karma, saya meminta siswa untuk menganalisis isi dari cerita tersebut sebagai Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dengan tujuan mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran, membantu mengembangkan konsep,melatih menemukan dan mengembangkan keterampilan proses,sebagai pedoman bagi pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Siswa yang berkemampuan tinggi mendiskusikan dengan kelompoknya, menulis dan mempresentasikan isi cerita tersebut sedangkan yang berkemampuan rendah saya berikan pertanyaan secara lisan terkait cerita tersebut.

     Diakhir pembelajaran saya bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas,dan memberikan Evaluasi kepada siswa. Siswa yang memiliki kemampuan tinggi  diberikan evaluasi berupa teks soal essay, dan yang berkemampuan rendah saya berikan pertanyaan  secara lisan. Hasil evaluasi dari siswa tersebut sangat baik dan mendekati jawaban benar. Proses belajar mengajar diakhiri dengan doa dan salam.

    Difrensiasi yang dilakukan :

a.       Konten              ; Video pembelajaran, Video cerita,teks lagu,Ice Breaking

b.      Proses               : Tugas kelompok, Presentasi dan Tugas mandiri

c.       Produk              : Gambar, Teks, Video Pembelajaran


Kendala dan solusi 

Kendala         : 

1. Keterbatasan waktu dalam mengerjakan evalusi

2. Beberapa siswa ada yang tidak bisa membaca dan menulis

Solusinya     :

1. Meminta ijin kepada guru kelas untuk memberikan waktu kepada     siswa    untuk melanjutka menjawab soal evaluasi.

2. Menayangkan video Pembelajaran,memberikan teks lisan dan memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang kurang bisa menulis dan membaca.


        

        Komentar / Tanggapan terkait Pembelajaran Berdiferensiasi

    Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar,serta dapat mengembangkan proses pembelajaran sehingga kemampuan siswa yang beragam bisa belajar secara efektif. Dan saya sebagai guru merasa berhasil dalam melaksanakan proses belajar mengajar.






Penulis: Ni Putu Yeni Trisna Dewi, S.Ag.

Editor: Karseno, S.Pd., M.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi