Bu Kadek: Pengalaman yang Paling Berkesan

Nama saya Ni Made Nurmiati. Dulu tiga tahun yang lalu saya pernah mengajar/sebagai wali kelas IV. Saya menjadi wali kelas IV selama tiga tahun. Pada waktu itu saya punya siswa 14 orang. Saya sangat berkesn sekali mengajar. Ada dua orang siswa yang belum bisa baca, jangankan baca huruf belum hafal. Saya merasa kecewa juga dengan peraturan sekolah, katanya tidak boleh meninggalkan kelas. Siswa harus naik 100%. Coba bayangkan sudah kelas IV belum hafal huruf. Setiap istirahat saya latih menulis huruf sambil menghafal, dan setiap hari Sabtu jam ekstra saya gunakan untuk melatih khusus dua orang siswa tersebut.

Sudah berjalan satu semester (6 bulan) anak tersebut baru hafal huruf, belum bisa merangkai terus saya latih seperti kelas I membaca dua kata, sambil membaca saya bawakan media misalnya saya ambil buku, pensil, kulit rokok, dsb di suruh nulis lalu membacanya. Kalau dia di suruh gabung belajar di kelas satu dianya tidak mau, katanya malu. Nah kata malu ini saya terus bilang kepadanya, kalau malu kamu harus rajin belajar. Masak kamu dikalahkan dengan kelas satu dan kelas dua. Terus di dorong biar dia bisa menulis dan membaca.

Pada akhir tahun (1 tahun) akhirnya mereka bisa membaca walaupun masih mengeja. Lalu ada rapat akhir tahun menjelang kenaikan kelas, saya bilang kepada sekolah, ada siswa yang belum bisa baca apa bisa ditinggalkan saja di kelas IV? Katanya dak boleh tinggalkan kelas, anak-anak harus naik kelas semua. Saya merasa agak kecewa juga, kenapa tidak seperti dulu saja, kalau anak-anak belum bisa membaca dan menulis ditinggal kelas saja supaya mereka punya malu dan mau untuk belajar lebih giat. Tapi bersyukur dari hari ke hari mereka bersikeras untuk belajar dan mampu untuk mengikuti pelajaran, walaupun mereka cuma memenuhi standar KKM saja nilainya. Untuk selanjutnya mereka bisa naik kelas V. Saya tanya ke walinya katanya mereka sudah bisa membaca. Dari situ saya merasa senang, tidal sia-sia usaha saya dalam satu tahun melatih mereka dan sekarang mereka sudah SMP kelas III.


Penulis: Dra. Ni Made Nurmiati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi