Mengajar di SD Memang sangat Unik

Saya bekerja sebagai guru dan mengajar di SD Negeri 3 Banjar Anyar. Sebelumnya saya mengajar di SMP Negeri 3 Kediri. Mengajar siswa SMP dengan SD sangat jauh berbeda. Dimana mengajar siswa SMP bagi saya lebih mudah dibandingkan mengajar anak SD. Siswa SMP sudah mempunyai karakter yang mandiri dan lebih disiplin. Sehingga kita lebih mudah mengarahkan, mendidik dan mengajar mereka.

Kadang kitapun bisa belajar dari pengalaman mereka. Sedangkan anak SD masih senang bermain dan baru mengenal suasana pendidikan formal. Selain itu masih ada anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis.

Pengalaman mengajar di Sekolah Dasar memang sangat unik juga, kadang menyenangkan dan kadang juga menyedihkan. Mengajar pada prinsipnya adalah membimbing siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Sungguh sangat menyenangkan ketika sedang mengajar di kelas, karena ada interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa. Tetapi ada juga yang tidak menyenangkan melihat karakter siswa yang berbeda-beda. Diantaranya ada anak yang menurut dan rajin ada juga anak yang bandel, tidak taat, suka mengganggu temannya, ada juga yang berlari-lari, memukul-mukul meja, menangis, berteriak-teriak, bahkan ada juga yang tidak mau ikut belajar untuk mengerjakan tugas. Semua itu membuat saya bingung dan pusing bahkan kadang saya sampai meneteskan ajr mata merasa tidak dihargai dan tidak berhasil mendidik mereka. Jangankan memaparkan materi mendengar saja sudah tidak mau, mereka asik dengan kegiatan mereka. Semua kemampuan saya kerahkan agar bisa mengatasi anak di dalam kelas pada waktu proses pembelajaran sedang berlangsung dilaksanakan.

Seiring berjalannya waktu dengan penuh kesabaran dan berdoa, serta bantuan dan masukan dari bapak kepala sekolah juga teman guru saya bisa beradaptasi dan juga bisa melewatinya. Setelah beberapa bulan mengajar di Sekolah Dasar tumbuh rasa bangga dan kepuasan batin. Di sayang murid, dipeluk murid, dirindukan murid jika saya tidak masuk bahkan baru sampai di sekolah sudah disambut murid dengan berbagai curhatan mereka serta ucapan pujian dan sanjungan dari mereka. Semua itu sangat menghibur sehingga saya semakin semangat dalam mengajar.

Delapan bulan bertugas di SD Negeri 3 Banjar Anyar, pelajaran yang bisa diambil sebagai guru Sekolah Dasar saya harus mendidik dengan sepenuh hati, selalu bersikap ramah, sabar dan murah senyum. Saya harus bisa menemukan berbagai cara dalam memahami karakteristik anak didik dengan memahami semua karakter peserta didik, kita sebagai pengajar bisa mengetahui cara bagaimana kita menghadapi anak tersebut, karena tidak semua peserta didik memahami cara kita dalam mengajar. Saya juga harus tetap belajar untuk menambah pengetahuan dan pengalaman karena masih banyak hal-hal yang harus dipelajari agar dapat mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Penulis: Diah Karma Kosalam, S. Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi