Bu Rani: Pengalaman Paling Berkesan selama Saya menjadi Guru

Pada awal saya menjadi guru, saya sangat ragu apakah nanti saya mampu atau tidak menjadi guru.  Mengingat latar belakang pendidikan saya bukanlah seorang guru. Ketika pertama kali saya masuk ke sekolah ini untuk mengajar, saya bingung apa yang harus saya lakukan. Sampai suatu hari salah satu rekan guru mengajak saya masuk kelas I dan memperlihatkan saya bagaimana cara mengajar di kelas. Pada saat itu saya  melihat anak murid yang belajar begitu semangat dan senang ketika dikatakan akan ada guru baru yang mengajar kelas I. 

Saat itu seketika saya merasa terharu dan mata saya sampai berkaca-kaca karena mereka menyambut saya dengan begitu antusias. Disanalah hati saya terketuk bahwa saya memang harus menjadi seorang guru. Selain dulu hal ini adalah cita-cita dari ornag tua saya, supaya saya menajdi guru. Akan tetapi dulu saya selalu saja menolaknya. Dan di sini ada sedikit penyesalan yang saya rasakan, mengapa saya baru saat ini menjadi guru? Ada pertanyaan seperti itu yang muncul di benak saya. Tetapi kembali saya berfikir semuanya sudah ada yang mengatur.

Seiring berjalannya waktu saya mulai belajar dan selalu belajar bagaimana menjadi guru yang baik. Bagi saya mendidik murid adalah bagaimana saya dapat menjadikan murid-murid saya menjadi orang yang ber-attitude baik dan berkarakter serta mandiri. Anak didik saya dari kelas I hingga sekarang kelas II, kebetulan tetap menjadi wali kelas mereka. Disana saya melihat sangat banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri mereka. Walaupun mendidik mereka tidak selalu mulus, ada pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan selama belajar. Mereka menghormati guru tidak hanya wali kelasnya, tetapi juga guru-guru lainnya. Mereka sangat menjaga kebersihan dan kerapian kelas setiap hari.

Saya sangat bangga pada anak-anak kelas II, karena menurut saya mereka adalah anak-anak yang pintar dan bisa menjaga tingkah laku, mandiri dan menghormati guru. Harapan saya ke depannya semoga anak-anak kelas II nanti bisa naik kelas III dan tetap dengan kepribadian mereka yang baik dan semoga menjadi tambah pintar dan disiplin. Karena keberhasilan seorang guru dilihat tidak hanya dari nilai yang diperoleh siswa tetapi juga dilihat dari sikap dan karakternya.

Akhir kata saya ngin mengucapkan syukur dan berterima kasih kepada rekan-rekan guru yang selama ini sudah membimbing saya sampai saat ini. Semoga ke depan nanti saya bisa menjadi seorang guru yang bai dan dapat mengabdikan diri saya pada siswa dan sekolah.

Terima kasih


Penulis: Ni Luh Made Kusuma Rani, ST

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi