Bu Dewa Ayu: Pengalaman yang Berkesan di Kelas VI

Om Swastiastu. Saya Ni Dewa Ayu Ketut Suastiniwati salah satu guru di SD Negeri 3 Banjar Anyar. Di tahun pelajaran 2022/2023 saya kembali mendapat tugas mengajar sebagai wali kelas VI yang sebelumnya di masa pandemi saya semoat 2 tahun tugas mengajar di kelas III, di mana pembelajaran di masa pandemi terlaksana secara daring.

Seperti biasa di awal tahun pelajaran sata bentuk struktur kelas dan sebagainya. Dengan penyampaian kepada siswa kelas VI mengenai aturan sekolah maupun aturan kelas yang semsetinya ditaati oleh semua siswa kelas VI.

Beberapa minggu  berlangsung saya mengajr di kelas VI saya rasakan besar sekali dampak dari masa pandemi yang kita lewati terutama di bidang pendidikan. Siswa kelas VI yang saya bimbing masih butuh peningkatan dalam kedisiplinan.

Beberapa siswa hampir selalu tidak memperhatikan peraturan sekolah walaupun keyakinan kelas sudah di pajang di dinding kelas. Ada beberapa siswa kelas VI yang sering tidak disiplin berbicara ataupun berperilaku, bahkan sering saya dengar keributan antar siswa saling ejek nama orang tuanya. Sulit saya rasakan untuk mendisiplinkan siswa dan benar-benar membutuhkan kesabaran menghadapi mereka.

Suatu hari saya coba membuat jadwal pelanggaran keyakinan kelas dan mengadakan kesepakatan dengan siswa kelas VI, yang isinya: apabila ada siswa yang melanggar untuk menandatangani di buku pelanggaran. Jika sampai ada 3 kali pelanggaran maka ada penyampaian ke orang tua siswa. Hal ini dilakukan supaya orang tua juga mengetahui perilaku anaknya di sekolah, dan harapannya ada kerja sama untuk melakukan pembinaan kepada siswa.

Sejak saya adakan kesepakatan tersebut, astungkara siswa kelas VI mulai semakin disiplin dibandingkan sebelumnya, bahkan sampai saat ini belum ada siswa yang sampai menandatangani jadwal pelanggaran tersebut. Semoga ke depan siswa kelas VI jadi semakin disiplin dan terbentuk karakter siswa yang baik.

Terima kasih.


Penulis: Ni Dewa Ayu Ketut Suastiniwati, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPLS HARI KE-1 SD Negeri 3 Banjar Anyar

"BISA!" Program Sekolah Baru

SDN 3 Banjar Anyar Mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi